Rabu, 30 Januari 2013

Bersiaplah, Puluhan Ribu “Metalheads” Banjiri Ragunan




Acara musik metal dan grindcore, Obscene Extreme Festival, akan dihelat di Bumi Perkemahan Ragunan, Jakarta, pada tanggal 6 sampai 7 Januari 2013. Pihak panitia sendiri membuat target paling tidak sekitar 10 ribu orang bakal menyerbu festival musik yang sebelumnya terkenal di Republik Ceko tersebut.

“Adanya OEF (Obscene Extreme Festival) di sini karena banyak band Asia yang mau main ke sana (Republik Ceko). Namun karena memiliki masalah pada transportasi dan jarak yang sangat jauh, maka owner OEF (Curby) ingin menyelenggarakannya di Asia, lalu pilihan jatuh ke kota Jakarta, ” kata penggagas Obscene Extreme Asia yang juga gitaris band grindcore Noxa, Ade Hirmenio Adnis, Ahad lalu, 27 Januari 2012.

Obscene Extreme Festival adalah festival musik bergenre metal dan grindcore yang popular pada tahun 199 di Republik Ceko. Acara ini dipelopori seorang warga Ceko, Curby, yang mendapat inspirasi dari acara music di Jerman, Fuck The Commerce. 

Noxa  sendiri sempat membawa nama Merah Putih di Obscene Extreme Festival pada 2010. Karena itulah, gitaris Noxa Ade membawa Obscene Extreme Festival ke zona Asia. “Proses negosiasi untuk membawa Obscene Extreme Festival ke Asia dilakukan sejak tahun lalu,” kata Ade.

Tidak mudah membawa festival music itu ke Indonesia. Banyak masalah yang ditemukan Ade dalam memuat persiapan untuk acara Obscene Extreme di Asia. Izin, visa para personil dan kru menjadi sebagian kendalanya.

Band-band luar negeri yang bakal mengisi acara tersebut  di antaranya band grindcore asal Finlandia Rotten Sound dan kolektif mincecore asal Belgia Agathocles. Sementara band Indonesia yang akan bermain di festival tersebut adalah Jasad dan Siksa Kubur.

Untuk tahun 2013, selain Republik Cek dan Indonesia, Obscene Extreme Festival juga dihelat di Meksiko dan Australia. Meksiko bakal menggelar Obscene Extreme America 2013 pada 28-30 Maret 2013, di Republik Cek pada 3-7 Juli, dan Australia pada 12-13 April.

0 komentar:

Posting Komentar